20 October 2007

Guru Inggris Takut Mengajar Evolusi, Gara-Gara Didebat Muridnya

Rabu, 10 Oktober 2007

BBC melaporkan adanya ketakutan sebagian guru untuk berdebat masalah
evolusi, sehingga menghindari bahasan itu sama sekali di kelas

Hidayatullah. com--Menurut direktur London's Institute of Education,
Profesor Michael Reiss, meningkatnya jumlah murid Muslim di
sekolah-sekolah Inggris adalah di antara pemicu bangkitnya paham
penciptaan. Ia menambahkan, jumlah pelajar Muslim meningkat pesat
dalam 10 – 20 tahun terakhir, dan banyak dari keluarga Muslim tidak
meyakini teori evolusi dibandingkan dengan keluarga Kristen.


Semakin banyak guru yang ia jumpai di pertemuan-pertemuan ilmiah
mengadukan hal ini. Para guru itu mendapati semakin banyak murid
menganut penciptaan, kisah sang Profesor. Sudah bukan zamannya lagi
para guru ilmu pengetahuan alam dapat mengabaikan begitu saja paham
penciptaan ketika mengajarkan tentang asal usul, ungkap Profesor Reiss
sebagaimana dikutip koran terkemuka Inggris, The Independent, 6
Oktober 2007. Guru-guru itu hendaknya menanggapi bahasan itu dengan
cara yang tidak memusuhi, tegas sang Profesor.

Buah Bibir di Media Massa

Harian tersohor lain di Inggris, The Daily Telegraph dan The Guardian,
tak ketinggalan mengangkat bahasan yang sepertinya akan memanas di
masa mendatang ini. Tampil dengan judul Creationism can be a topic in
class (Paham penciptaan dapat menjadi pokok bahasan di kelas), koran
The Daily Telegraph, 2 Oktober 2007, memaparkan kebijakan pemerintah
Inggris seputar paham penciptaan di sekolah.

Arahan resmi ini membolehkan perbincangan seputar paham penciptaan
yang menjadi tandingan evolusi, teori yang mengingkari penciptaan dan
Pencipta. Namun, menurut kebijakan ini, pembahasan tentang penciptaan
harus di luar pelajaran ilmu pengetahuan alam.

Para akademisi di Valdosta State University, Amerika Serikat dan The
Institute of Education di London, Inggris, berpendapat bahwa teori
evolusi sepatutnya diajarkan sebagai bagian penting pelajaran ilmu
pengetahuan alam, dengan memberi ruang bagi perbincangan paham
penciptaan. Demikian tulis Anthea Lipsett di koran kondang The
Guardian, 5 Oktober 2007, dengan judul Experts call for creationism in
the classroom (Para pakar menyeru [diajarkannya] paham penciptaan di
ruang kelas).

Perancangan Cerdas Tidak Puas

Meskipun begitu, kalangan pendukung Perancangan Cerdas (Intelligent
Design) belum puas dengan keputusan ini. Mereka berdalih, Perancangan
Cerdas didukung bukti-bukti ilmiah mutakhir, sehingga seharusnya
menjadi bagian pelajaran ilmu pengetahuan alam, dan mendapatkan
perlakuan sama seperti teori evolusi. Perancangan Cerdas menganggap
alam semesta dirancang sempurna dan dihasilkan melalui perancangan
cerdas, bertolak belakang dengan teori evolusi yang meyakini alam
semesta ada dengan sendirinya secara kebetulan acak, tanpa penciptaan
dan menolak adanya Pencipta.

Truth in Science merupakan salah satu lembaga di Inggris yang paling
giat mendorong diajarkannya pandangan lain yang kritis terhadap teori
evolusi di sekolah. Di lembaga ini, terdapat nama-nama seperti Andy
McIntosh, profesor Termodinamika dan Teori Pembakaran di University of
Leeds dan penulis lebih dari 100 karya ilmiah penelitian.
Penelitiannya mencakup pula biomimetika, yang mempelajari mekanisme
alamiah untuk penerapannya di bidang rekayasa.

Ada juga Stuart Burgess, profesor Desain dan Alam, ketua jurusan
Teknik Mesin di Bristol University. Ia meneliti penelaahan mekanisme
terbang serangga dan efisiensi rancang bangun pada pohon.

Paket Gratis

Truth in Science melakukan kerja nyata dengan membagi-bagikan paket
gratis berisi bahan pengajaran kritis teori evolusi. Pada bulan
September 2006, paket gratis ini dikirimkan kepada setiap kepala
sekolah menengah di Inggris.

Paket ini berisi DVD berjudul Where does the Evidence Lead? (Ke
manakah Bukti Mengarah?) dan buku panduan untuk guru (bentuk pdf-nya
dapat diunduh di TiS_Pack_Teachers_ Manual.pdf

DVD ini terdiri atas enam bab, masing-masing berupa film dokumenter
berdurasi 6 menit, cocok untuk pengajaran di sekolah. Paket ini berisi
pula DVD film dokumenter panjang berjudul Unlocking the Mystery of
Life (Menyingkap Rahasia Kehidupan).

Sumber: Kolom Teori Evolusi Menanti Ajal, www.hidayatullah. com

No comments:

<< Kembali ke atas